Materi Bisnis Online Part 1
Hallo guys,Semoga hari semua baik-baik saja, sehat walapiat dan selalu berkah, Kali ini kita akan membahasa materi tentang Bisnis Online dari mulai pengertian dan lain-lain, sebelumnya saya sudah membahas tentang Bisnis Onlinebaca disini Kita mulai dari konsep bisnis online mengacu modul karangan Endar Nirmala, S.Kom MT,
Konsep bisnis online dibagi menjadi empat :
1. Apa itu Bisnis Online
Ada beberapa definisi mengenai bisnis online yang sudah di rangkum.
Bisnis online,sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau
E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)
E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet.
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce , yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
2. Manfaat bisnis online
Melakukan perubahan dengan cepat.
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah
Menentukan sasaran demografis tertentu
bisnis online, memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya gender, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan bisnis online,, dapat menggunakan audio, video, blogging, email, media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.
Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
Dalam hal ini ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu pihak konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya.
Keuntungan dari pihak pemasar mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang sedang mencari dan membutuhkan produknya.
Kemampuan Konversi Instan
Kita memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan. Ketika kita memasarkan online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.
Lanjut dipostingan selanjutnya.
Konsep bisnis online dibagi menjadi empat :
- Memahami pengertian bisnis online,
- Menjelaskkan manfaat bisnis online,
- Mengindentifikasi komponen-komponen bisnis online,
- Menjelaskan cara kerja bisnis online,
1. Apa itu Bisnis Online
Ada beberapa definisi mengenai bisnis online yang sudah di rangkum.
Bisnis online,sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau
copywriting. (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet)
E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)
E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet.
E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce , yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
2. Manfaat bisnis online
Melakukan perubahan dengan cepat.
Kita dapat langsung memperbaiki atau mengubah baik grafis maupun kata-kata ketika terjadi kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan pemasaran yang tidak bekerja dengan baik, dan melakukan itu semua dengan cepat dan tanpa ada masalah
Menentukan sasaran demografis tertentu
bisnis online, memungkinkan untuk menargetkan demografis tertentu seperti halnya gender, usia, dan lokasi. Kita bahkan dapat menargetkan tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
Banyak media pilihan.
Begitu banyak media pilihan ketika memutuskan untuk melakukan bisnis online,, dapat menggunakan audio, video, blogging, email, media sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.
Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
Dalam hal ini ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu pihak konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari. Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya.
Keuntungan dari pihak pemasar mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang sedang mencari dan membutuhkan produknya.
Kemampuan Konversi Instan
Kita memiliki kemampuan untuk mengubah pelanggan secara instan. Ketika kita memasarkan online, kita tidak hanya menjaring informasi pelanggan potensial, tetapi kita dapat mengambil penjualan seketika dengan melakukan beberapa klik mouse.
Lanjut dipostingan selanjutnya.