Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat dan Setting Subdomain Pada Blogspot

Bagi Anda yang sudah memiliki domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, id dan lainnya pada Blogspot Anda. Kini Anda bisa membuat subdomain untuk blogspot Anda, cocok bagi Anda yang menghemat pengeluaran biaya pembelia domain dan juga ingin mengembangkan domain blog Anda. Bisa Anda gunakan untuk niche blog Anda yang lain.

Dengan begitu Anda bisa membuat banyak blog dengan niche-niche tertentu yang terpisah dari blog utama Anda.

Misalkan Anda sudah mempunyai nama blog dengan domain. https://domainkamu.com dan Anda mempunyai blog lain dengan niche bisnis online misalnya, jadi sub domain blog anda menjadi https://bisnisonline.domainkamu.com, biasanya ini berlaku untuk domain atau website yang menggunakan CMS/Layanan hosting woordpress. Namun Anda juga bisa menerapkannya di domain blogspot Anda.

Jika Anda ingin mencoba membuat sub domain pada domain utama Anda di blogspot, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Silahkan masuk ke dashboard member area domain Anda. Disini saya menggunakan niagahoster untuk pembelian domain, namun hampir sama rata-rata untuk setting domain atau subdomain semua berada di DNS Management.
  2. Setelah Anda masuk di panel DNS Management silahkan setting sesuai gambar dibawah ini, silahkan tambahkan record baru. Pilih CNAME untuk Type-nya lalu masukan sub domain yang diinginkan pada kolom Name (misalkan Bisnisonline) kemudian masukan ghs.google.com pada kolom Target. Setelah itu silahkan save perubahannya
  3. Pada contoh gambar di atas, saya menambahkan 2 sub domain pada domain demangfedi.com yaitu tube.demangfedi.com untuk Tubeblogger dan template.demangfedu.com untuk Demang Template Cukup itu saja yang Anda lakukan di panel manage DNS untuk membuat sub domain. Selanjutnya kita tunggu dulu waktu propagasinya, biasanya ada yang cepat ada yang lambat sampai 1-2 jam. Setelah itu silahkan masuk ke dashboard Blogger untuk memasangkan sub domain yang tadi kita buat. Masuk ke dashboard blog yang ingin menggunakan sub domain, pilih Settings > Basic > Blog Address dan klik tulisan + Set up a third-party URL for your blog untuk mulai memasang sub domain
    Anda cukup memasukan sub domain pada kolom yang disediakan seperti pada contoh di atas lalu save. Selesai, kini blog tersebut sudah menggunakan sub domain. Selanjutnya Anda juga bisa mengaktifkan HTTPS pada blog tersebut untuk memastikan keamanannya.

Post a Comment for "Cara Membuat dan Setting Subdomain Pada Blogspot"